Asam Urat - Obat, Penyebab, Ciri dan Cara Menurunkannya

Hai Sobat Topobat, Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apa itu asam urat, obat untuk asam urat, bagaimana ciri asam urat, makanan apa yang bisa menurunkan asam urat dan penyebab asam urat.



APA ITU ASAM URAT?

Dikalangan masayarakat asam urat ini biasa dibilang dengan sebutan encok, sedangkan dalam hal medis biasa disebut dengan istilah bentuk arthritis (peradangan pada sendi). 

Apabila sedang terserang encok, dimana kondisi tersebut biasa ditandai dengan adanya rasa sakit, hal ini karena terlalu berlebihan kadar purin di dalam tubuh. Purin itu sendiri adalah protein yang ada diproduksi di dalam tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan. Semakin banyak makan makanan yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.

Kinerja kadar purin yang tinggi ini akan mengalir di dalam darah dan akhirnya mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya. Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh Anda.

Bagi anda yang sudah terkena penyakit asam urat jangan cemas, kondisi ini bisa hilang dalam satu atau dua hari. Purin yang berlebih akan dibersihkan dari darah oleh ginjal dan dibuang dari dalam tubuh bersama dengan urine. Namun, kadar asam urat juga bisa terus menumpuk di dalam tubuh, saat ginjal terlalu sedikit membuang asam atau bila terus tubuh memproduksinya dalam jumlah banyak.

CIRI-CIRI ASAM URAT

Penyakit asam urat ini yang sering umumnya terjadi dan dapat dirasakan dengan cici-ciri sebagai berikut:
  1. Nyeri sendi mendadak
  2. Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
  3. Kesulitan untuk melakukan kegiatan karena gerakan terbatas
  4. Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas
  5. Kemerahan pada kulit di sekitar sendi
  6. Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit)
OBAT TRADISIONAL ASAM URAT

Seperti yang dimuat dalam situs Meetdoctor merangkum sejumlah obat asam urat yang alami: 
  1. Perbanyak minum air putih : Mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas per hari bertujuan untuk mengencerkan urine. Hal ini juga berfungsi untuk menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan. 
  2. Mengurangi makanan yang mengandung purin : Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin. Mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam, adalah pilihan yang bijaksana. Jika ingin mengonsumsi protein, kita dapat memilih protein murni, seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna. 
  3. Menjaga berat badan : Menjaga berat badan adalah salah satu cara mengobati asam urat yang cukup ampuh. Bila kita melakukan diet sehat dan diimbangi dengan olahraga, kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh. Namun, kita tak perlu melakukan olahraga berat jika sedang merasa kesakitan. Cobalah beberapa olahraga ringan, seperti yoga, jalan kaki, dan bersepeda. Meski ringan, kita harus melakukan olahraga ini secara teratur setiap minggu.
  4. Makan makanan yang tepat : Salah satu cara menjaga berat badan sebagai pilihan obat asam urat yang alami adalah menjalani diet sehat. Ketahui Dulu Manfaat dan Risikonya Kita bisa memulainya dengan memilih makanan yang termasuk karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran (bit, mentimun, daun selada, kentang, dan zucchini), dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. 
  5. Hindari yang manis : Obat asam urat yang alami adalah menghindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan fruktosa atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Misalnya, soda dan jus kemasan. Tetapi, jus alami tanpa gula tentu saja boleh diminum.
  6. Stop minuman beralkohol : Meminum minuman beralkohol bisa menjadi penyebab asam urat. Bir, misalnya, mengandung kadar purin yang tinggi.Minuman beralkohol juga mengandung banyak kalori yang bisa menjadi penyebab berat badan naik. Jadi, hindarilah meminum minuman beralkohol sebagai obat asam urat yang alami.
Obat-obatan lainnya untu asam urat yang dapat anda beli di apotek seperti yang dijelaskan dalam laman hellosehat mengatakan ada 5 obat asam urat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi keparahan gejala, antara lain:

  1. Obat anti-radang nonsteroid (NSAID) : Obat anti-radang nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain) dan naproxen sodium (Aleve), serta resep NSAID yang lebih kuat seperti indomethacin (Indocin) atau celecoxib (Celebrex). Obat asam urat ini mungkin akan terus bertambah dosisnya jika kondisi terus bertambah parah setiap kali kambuh. Efek samping penggunaan obat ini adalah sakit perut dan perdarahan pada sistem pencernaan.
  2. Colchicine : Dokter Anda dapat merekomendasikan colchicine (Colcrys, Mitigare), sejenis pereda nyeri yang efektif mengurangi nyeri. Dosis obat disesuaikan dengan keparahan gejala. Efek samping penggunaan obat ini adalah mual, muntah dan diare, terutama jika digunakan dalam dosis besar. Untuk serangan asam urat yang ringan, dokter akan meresepkan colchicine dalam dosis rendah untuk mencegah serangan terjadi lagi.
  3. Kortikosteroid : Obat asam urat jenis kortikosteroid akan digunakan jika obat seperti colchicine atau NSAID tidak ampuh untuk meredakan gejala. Efek samping penggunaan obat ini adalah kadar gula darah dan tekanan darah dapat meningkat dan suasana hati jadi cepat berubah.
  4. Obat-obatan untuk menghalangi produksi uric acid : Obat yang dapat menghambat tubuh untuk memproduksi asam urat adalah xanthine oxidase inhibitor (XOIs), termasuk allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric) : Obat ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda dan mengurangi risiko terjadinya penyakit asam urat. Sementara efek sampingnya adalah ruam pada kulit, mual, berkurangnya jumlah darah, dan penurunan fungsi hati.
  5. Obat untuk menghancurkan asam urat : Obat-obatan yang dapat menghancurkan asam urat adalah uricosurics, termasuk probenesid (Probalan) dan lesinurad (Zurampic). Obat ini meningkatkan kemampuan ginjal Anda untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh sehingga dapat menurunkan kadar uric acid. Efek sampingnya termasuk ruam, sakit perut, dan risiko batu ginjal.


0 komentar